Cari Blog Ini

Minggu, 07 Oktober 2012

Menikmati Segarnya Air Curug Cijalu

Jawa Barat sebagai privinsi pendukung ibu kota metropolitan mempunyai banyak objek wisata yang dapat dikunjungi. Apabila wisatawan asing atau lokal berkeinginan menikmati pemandangan alam dan sejuknya embusan air yang jatuh dari atas tebing mengempas bebatuan di bawanya, kita bisa mengunjungi salah satu objek wisata yang berada di Desa Cipancar, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang.

Curug Cijalu, nama air terjun setinggi 70 m yang berlokasi di hutan blok Cijengkol RPH Tangkubanparahu Utara dengan luas 8 ha ini dapat kita kunjungi dari kota Subang sekitar 37 km ke arah selatan. Dalam beberapa tahun terakhir ini menjadi pilihan warga Kota Subang untuk melepaskan kepenatannya. Menjadi pilihan warga luar kota untuk menikmati alam yang tidak ditemukan di tempat asalnya.

Dalam perjalanan sebelum menuju gerbang Wana Wisata Curug Cijalu kita disuguhi pemandangan yang menyejukkan mata, dikarenakan selain pohon-pohon rindang di sebelah kiri kanan jalan sejauh mata memandang, terhampar hijaunya kebun teh nuansa hijau alami terasa sangat dominan dilatar belakangi perbukitan di kejauhan serta dinginnya belaian angin pegungungan mengusap di pipi cukup memberikan nuansa keasrian Desa Cipancar.

Perjalanan dari area parkir menuju Curug Cijalu sangatlah mudah, setelah melewati deretan warung penduduk setempat dan area camping ground dengan berjalan kaki kurang lebih 300 meter dengan menaiki undakan semen yang menanjak yang disediakan pihak pengelola wisata hingga ke lokasi curug, sekitar 100 meter sebelum sampai ke Curug Cijalu di sebelah kiri terdapat satu curug lebih kecil, sangat eksotis. Curug ini bernama Curug Perempuan, sebagian warga menyebutnya Curug Ciemper.

Peluh di dahi serta pegal di kaki dari perjalanan yang ditempuh menuju lokasi curug terasa hilang setelah kita menikmati hembusan embun membasahi badan akibat curahan air Curug Cijalu. Bila mendatanginya pada hari Sabtu atau Minggu, kawasan ini penuh dengan orang-orang yang berekreasi. Ada yang bermobil, ada yang bersepeda motor.

Banyak yang sengaja datang sekeluarga ataupun rombongan bercengkrama bersama untuk menikmati suasana alamnya yang masih bersih, rimbunan pepohonan yang menutupi sebagian daerah curug, serta kicauan burung yang bernyanyi tiada henti, membuat kondisi panorama alam di tempat ini benar-benar alami dan menyegarkan.

Akses Menuju Lokasi Curug

Curug Cijalu dapat ditempuh dari berbagai arah, dari Kota Bandung +62 km ke arah utara, Jakarta +157 km via Subang. Dari arah Ciater menuju Kota Subang di pertigaan jalan belok kiri masuk arah Sagalaherang yang akan menuju Kota Purwakarta, sekira 12 km dari pertigaan Sagalaherang dengan mengikuti petunjuk arah sebelah kiri kita memasuki jalan Desa Cipancar dengan kondisi jalan yang beraspal dengan kualitas yang cukup baik.

Sedangkan kondisi jalan Desa Cipancar menuju gerbang wisata sebagian beraspal, sebagian jalan berbatu bercampur tanah kondisi jalan yang cukup diwaspadai. Dengan harga tiket Rp 6.000/orang, Wana Wisata Curug Cijalu sangat cocok untuk kegiatan camping, berfoto bersama keluarga ataupun kekasih maupun mandi bareng emnikmati dinginnya air terjun, sangat tepat untuk dijadikan salah satu agenda tujuan wisata Anda. (Benny Martin/PDR/"PR")***