Cari Blog Ini

Jumat, 21 Juni 2013

Rumah yang Dijauhi Malaikat

Malaikat adalah salah satu makhluk ciptaan Alloh SWT. Mereka adalah makhluk yang selalu taat dan patuh kepada Penciptanya. Malaikat senantiasa menebarkan rahmat Alloh SWT ditengah-tengah manusia. Mereka senantiasa memberikan kesejukan dan ketentraman di setiap tempat yang dikunjunginya. Karena kedatangannya senantiasa dibarengi dengan ridho Alloh SWT. Tetapi tidak semua rumah bisa dikunjungi malaikat. Ada beberapa karakteristik rumah yang malaikat tidak suka di dalamnya, ciri-cirinya adalah sebagai berikut.

Rumah yang kotor

Malaikat adalah makhluk suci. Rumah yang kebersihannya tidak terjaga membuat rumah tersebut dijauhi olehnya. Salah satunya adalah jika pemilik rumah memelihara anjing di dalamnya. Rasulullah SAW bersabda: "Malaikat tidak akan memaski rumah yang didalamnya terdapat anjing, juga tidak akan memasuki rumah yang didalamnya terdapat gambar atau patung." (HR. Ahmad)

Memelihara anjing dalam rumah memang dilarang dalam Islam kecuali diletakkan diluar rumah sebagai penjaga. Jika anjing ada didalam rumah, maka najis akan terbawa ke dalam rumah, membuat rumah menjadi kotor karena tidak terbebas dari najis.

Kejadian malaikat tidak hadir di dalam rumah dialami langsung oleh Rasulullah SAW. Malaikat Jibril pernah berjanji akan datang ke rumah Rasulullah SAW. Namun Jibril tak kunjung datang. Rasulullah SAW bersabda: "Alloh tidak mungkinmengingkari janjinya. Tetapi mengapa Jibril belum datang?"Ketika Beliau SAW menoleh, ternyata ada seekor anak anjing di bawah tempat tidur. Setelah anjing itu dikeluarkan, masuklah malaikat Jibril. "Mengapa engkau telambat?" tanya Rasulullah SAW. Jibril menjawab: "Karena tadi di rumahmu ada anjing. Dan ketahuilah, kami tidak akan mmasuki rumah yang didalamnya terdapat anjing atau gambar atau patung." (HR. Muslim)

Membuat patung yang menyerupai ciptaan Alloh SWT juga merupakan perbuatan yang dilarang dalam Islam. Rasulullah SAW bersabda: "Siapakah orang yang lebih berbuat dzalim selain orang yang membuat seperti ciptaannya. Oleh karena itu cobalah mereka membuat biji atau zarah." (HR. Muslim)

Menyimpan patung di dalam rumah membuat rumah seakan mendukung pembuatan patung, perbuatan yang dilarang oleh Alloh SWT. Rumah seperti ini tentunya akan dijauhi oleh malaikat. 

Selain rumah yang kotor, rumah yang berbau tidak sedap juga akan dijauhi oleh malaikat. Rasulullah SAW bersabda: "Siapakah yang memakan pohon yang tidak sedap ini, janganlah mendekati masjid kami. Sesungguhnya malaikat akan merasa sakit karena aromanya seperti halnya manusia." (HR. Muslim)

Rumah yang penghuninya tidak pernah menbaca ayat suci al-Qur'an

Selain rumah yang kotor, malaikat juga tidak mau masuk ke rumah yang penghuninya tidak pernah membaca ayat suci al-Qur'an. Rasulullah SAW bersabda: "Sinarilah rumah-rumah kalian dengan shalat sunnah dan bacaan al-Qur'an." (HR. Baihaqi)

Rumah yang penghuninya jarang membaca al-Qur'an membuat suasana rumah menjadi kelam dan dijauhkan dari rahmat Alloh SWT. Rasulullah SAW bersabda: "Tidaklah seuatu kaum berkumpul di dalam salah satu rumah Alloh (mesjid) untuk membaca Kitabulloh (al-Qur'an) dan mempelajarinya, melainkan ketenangan jiwa bagi mereka. Mereka diliputi oleh rahmat dan dikelilingi oleh para malaikat. Dan Alloh menyebut nama-nama mereka dihadapan para malaikat yang ada disisinya." (HR. Muslim)

Bahkan yang membaca al-Qur'an secara tebata-bata juga mendapat rahmat Alloh SWT. Rasulullah SAW bersabda: "Orang yang pandai membaca al-Qur'an akan di satukan dengan kelompok para malaikat yang mulia dan terpuji. Adapun orang yang terbata-bata dan sulit membacanya akan mendapatkan dua pahala." (HR. Bukhari)

Rumah yang ditempati seorang istri yang tidak mematuhi suaminya

Rasulullah SAW bersabda: "Apabila seorang istri bermalam atau menjauhi tempat tidur suaminya, maka malaikat akan melaknatinya sampai pagi." (HR. Muslim). 

Dikhawatirkan jika seorang istri menolak ajakan suami, sang suami akan kehilangan cintanya dan melakukan perbuatan zina, yaitu perbuatan yang termasuk ke dalam dosa besar. Rasulullah SAW bersabda: "Hak seorang suami adalah istri tidak boleh keluar dari rumah kecuali dengan izinnya. Jika istri melakukannya, maka Alloh, malaikat rohmat dan malaikat kemarahan akan melaknatnya hingga ia bertaubat." (HR. Abu Daud)

Jika seorang istri meminta izin kepada suami, tentunya suami akan mengijinkan jika dianggapnya aman bagi dirinya. Jika suami merasa kurang aman bagi istrinya, suami akan mencoba menemaninya. Ajaran Islam tidak bermaksud mengekang kaum perempuan, terutama kaum istri. Islam hanya mengatur etika berumah tangga agar terjadi keharmonisan mahligai rumah tangga.

Rumah yang di dalamnya terdapat orang yang pelit

Rasulullah SAW bersabda: "Tidak ada sehari pun dimana seorang hamba berada padanya kecuali dua malaikat turun padanya. Salah satu diantara keduanya berkata 'Ya Alloh berikanlah ganti bagi orang yang berinfak' sedangkan yang lainnya berkata, 'Ya Alloh, hancurkanlah harta orang yang kikir'." (HR. Bukhari)

Orang yang pelit menafkahkan hartanya di jalan Alloh SWT, maka akan dijauhi rahmat Alloh dan para malaikat. Tentunya malaikat juga akan menjauhi rumah dimana penghuninya selalu melakukan maksyiat, menjauhi ajaran Alloh SWT dan senantiasa melaksanakan larangan Alloh SWT.

Tidak ada muslim yang ingin rumahnya dijauhi oleh para malaikat. Setiap muslim tentu menginginkan rumahnya selalu mendapat rahmat dari Alloh SWT. Rumah yang seperti ini tentu bukan rumah yang dijauhi malaikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar