Cari Blog Ini

Sabtu, 01 Juni 2013

Arsitektur Rumah Hewan yang Canggih

Sarang Lebah Berbentuk Heksagonal
Islam mengajarkan umatnya untuk mempelajari alam semesta dan melestarikannya. Karena dari alam semestalah kita mengambil hikmah dan pelajaran yang tidak sedikit. Banyak hewan yang mampu membangun sarangnya sedemikian rupa sehingga kini banyak manusia yang mencontohnya untuk dijadikan model bangunan arsitektur yang kokoh dan indah. Berikut fakta beberapa hewan kecil yang mampu menbangun sarang mahadahsyat dan kisahnya di dalam al-Qur`an.

Lebah

Lebah memiliki sarang berbentuk heksagonal, dibuat secara berulang sehingga terbentuk komposisi menarik dengan komposisi yang tepat. Alloh SWT berfirman:



Artinya:
"Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia", kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan." (QS. An-Nahl : 68-69)

Yang menonjol dari sarang lebah adalah keindahan seni bangunannya. Meski tampak rapuh dari luar, namun sarang yang indah ini kokoh dan berfungsi baik. Menurut ahli matematika, cara termudah untuk membangun gudang penyimpanan dengan kapasitas besat dan menggunakan bahan bangunan sesedikit mungkin adalah dengan membuat dinding berbentuk heksagonal. Seperti yang ada pada sarang lebah.

Sinosteel International Plaza, Tianjin
Jika lebah membangun kantung-kantung penyimpanan dengan menggunakan bentuk lain maka akan banyak celah kosong diantara kantung satu dengan lainnya, sehingga akan lbih sedikit madu yang tersimpan di dalamnya.

Yang menarik lagi dari sarang lebah adalah proses pembangunannya. Ratusan lebah memulai pembangunan sarangnya dari tiga atau lebih titik awal yang berbeda. mereka terus menyusun bangunan tersebut hingga bertemu di tengah-tengah. Tidak ada sedikitpun kesalahan pada tempat di mana meraka bertemu. Subhanalloh. Perhitungan yang sungguh sempurna.

Keajaiban struktur sarang lebah ini mampu menginspirasi manusia. Salah satunya diterapkan pada Sinosteel International Plaza. Gedung ini terletak di Tianjin, kota terbesar ke-3 di China Daratan. Gedung setinggilebih dari 300 meter ini disebut-sebut sebagai sarang lebah raksasa buatan manusia.

Sarang Laba-laba
Laba-laba

Ingatkah Anda ketika Alloh SWT mengutus laba-laba kecil untuk hinggap di mulut Gua Tsur dan membuat jaring yang sempurna menutupi mulut gua. Dengan cekatan laba-laba membuat sarangnya sehingga menyerupai sarang yang sudah lama dibuat dan bisa mengelabui orang-orang kafir Quraisy yang sedang mengejar Nabi Muhammad SAW. Jaring laba-laba terkenal kuat, elastis dan ringan. Jaring laba-laba merupakan satu kesatuan sistem struktur yang masing-masing bagiannya saling mempengaruhi. Jaring laba-laba terdiri dari benang-benang bingkai penahan beban, benang-benang spiral penangkap, dan benang-benang pengikat yang menyatukan semuanya.
Stadion Olimpiade Munich

Ilmuwan Jelinski dari Cornell Universsity, Itaka, New York mengatakan, jaring laba-laba tahan air dan memiliki lima kali kekuatan seutas tali baja dengan ukuran yang sama. Jaring laba-laba juga memiliki fleksibilitas yang tinggi dan dapat menahan regangan sampai 4 kali panjang awalnya.

Salah satu pelajaran pada dunia arsitektur yang diperoleh dari sarang laba-laba adalah penerapan struktur kabel pada bangunan-bangunan berbentang lebar. Selain itu, teknik covering sarang laba-laba juga digunakan untuk menutupi bangunan-bangunan dengan area tertutup yang luas. Penerapan metode layaknya sarang laba-laba diterapkan pada Bandar Udara Jeddah dan Stadion Olimpiade Munich.

Semut

Alloh SWT berfirman:



Artinya:
"Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: 'Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari', maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa: 'Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh'." (QS. An-Naml : 18-19)

Struktur Sarang Semut
Meski tak terlihat dan bahkan seringkali kita injak tanpa kita sadari, sarang senut ternyata memiliki pengaturan ruang yang baik. Ruang yang memerlukan energi matahari (walaupun berada di dalam tanah), memperoleh sinar matahari dengan sudut seoptimal mungkin. Sarang semut juga memiliki sistem pengaturan panas dengan sistem ventilasi. Dan penataan ruang yang sedemikian apik juga menjadi bukti dari keajaiban makhluk ciptaan Alloh SWT ini.
Lorong di Rumah Sakit

Ruang-ruang di dalam sarang semut yang membutuhkan akses yang cepat dan terhubung dibangun berdekatan. Gudang-gudang penyimpanan bahan makanan mudah dicapai dan terhindar dari kelembaban yang tinggi. Sebagai pusatnya terdapat tempat yang cukup luas, berfungsi untuk ruangan berkumpul dan pengikat ruangan yang lain. 

Semut juga membagi sarangnya menjadi beberapa zona khusus seperti sistem pada sebuah rumah sakit. Ruang pengeraman dan perawatan larva serta ruang tempat ratu semut bertelur terletak di area khusus dengan jalur yang buntu sehingga tidak dilalui oleh semut-semut lain yang tidak bertugas di area itu.

Dalam proses perancangan rumah sakit juga terdapat semacam jalur buntu untuk menempatkan ruang-ruang yang membutuhkan ketenangan dan privasi tinggi, seperti contohnya ruang bedah, ruang bersalin dan ruang ICU. Dengan cara ini diharapkan pengunjung rumah sakit yang tidak berkepentingan tidak melewati ruangan tersebut.

2 komentar:

  1. wih subhanallah tuh, keren, keren, salam kenal sob..

    BalasHapus
  2. MENCARI SITUS PERMAINAN ONLINE TERBAIK DAN TERLENGKAP DENGAN 1 USERID SAJA ?

    YOK GABUNG BERSAMA BOLAVITA YANG MEMBERIKAN BONUS MENARIK DAN PERMAINAN YANG CUKUP LENGKAP !!

    BONUS UTAMA :
    BONUS NEW MEMBER
    BONUS EVERYDAY
    BONUS REFERRAL
    BONUS ROLLINGAN
    BONUS CASHBACK
    BONUS SLOT
    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

    BalasHapus