Cari Blog Ini

Minggu, 04 November 2012

Keajaiban Penciptaan Unta


 Alloh SWT menciptakan hewan gurun pasir ini bukan tanpa maksud. Seperti yang tercantum dalam al-Qur’an:




Artinya: 
Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan” (QS. Al-Ghaasyiyah: 17)

Panasnya gurun pasir sangat mematikan bagi makhluk lain. Selain sejumlah kecil serangga, reptile dan beberapa binatang lainnya, tak ada yang mampu hidup di sana.

Lain halnya dengan unta. Alloh SWT menciptakan unta secara khusus untuk hidup di gurun pasir dan untuk membantu manusia. Unta memiliki struktur tubuh yang kuat yang mampu bertahan selama 8 hari dengan suhu 500C tanpa makan dan minum. Struktur dan sel unta yang unik mampu memanfaatkan metabolism dengan baik. Unta mampu meminum air seberat sepertiga berat badannya, atau sekitar 130 liter sekali minum. Dinding sel pada unta memiliki struktur khusus untuk mencegah hilangnya air secara berlebihan. Keberadaan punuk merupakan keuntungan bagi unta. Sekitar 20% dari berat badan unta adalah lemak yang tersimpan di bagian punuknya. Hal ini memungkinkan unta untuk menggunakan sedikit air.

Mamalia ini dapat melakukan perjalanan jauh dengan beban seberat ratusan kilogram dipunggungnya selama berhari-hari. Unta mampu menghabiskan makanan 30-50 kg dalam sehari. Saat dalam situasi sulit, hewan ini mampu bertahan hidup selama satu bulan hanya dengan mengkonsumsi 2 kg rumput setiap harinya. Unta juga memiliki struktur berlendir dalam hidungnya seratus kali sebih besar dari manusia. Hal ini memungkinkan unta mendapatkan 66% uap air yang terkandung dalam udara. Unta juga mampu memaksimalkan penggunaan air dan zat makanan dengan mengalirkan urea berulang-ulang kali lipat. Hal ini agar unta tidak mengalami keracunan

Sistem pencernaan unta juga unik. Perutnya mempunyai desain khusus sehingga mampu mencerna hampir semua jenis tumbuhan di gurun pasir. Gigi dan mulut binatang ini telah dirancang untuk memungkinkannya memakan duri tajam dengan mudah.

Alloh juga menciptakan unta dengan sistem perlindungan yang luar biasa. Badai pasir yang terkadang muncul dapat menyesakkan dan membutakan mata. Namun unta memiliki kelopak mata yang dapat melindungi matanya dari debu dan butiran pasir. Selain itu, kelopak matanya juga transparan. Sehingga ia dapat tetap melihat meski kelopak matanya dalam keadaan tertutup. Alloh juga menciptakan bulu mata unta yang tersusun dalam dua lapisan. Lapisan bulu mata ini membentuk sebuah perangkap yang mampu melindungi mata unta dari badai pasir yang ganas. Hidung unta pun mempunyai perlindungan khusus. Ketika badai menyerang, ia menutup hidungnya dengan penutup khusus. 
Unta diciptakan dengan ketahanan tubuh yang sungguh luar biasa. Hewan yang menjadi simbol gurun pasir ini mampu bertahan di tengah panasnya gurun pasir. Unta pun dapat bertahan dalam suhu yang dingin. Hal ini dikarenakan bulu unta yang tebal hingga dapat melindungi kulit unta dari sengatan sinar matahari yang panas membakar. Sebaliknya, dalam keadaan dingin rambut unta mampu menjaga tubuh unta agar tetap hangat. Telapak kaki unta mempunyai ukuran yang lebih besar dibanding ukuran dan panjang kakinya. Kakinya dirancang khusus dengan ukuran besar agar mampu berjalan dengan mudah di atas gurun pasir tanpa terperosok. Telapak kakinya memiliki struktur yang melebar dan mengembung. Kulit yang tebal pada telapak kakinya merupakan satu bentuk perlindungan terhadap panasnya pasir gurun.

Susu Unta sangat Bermanfaat bagi Manusia

Selain diberi kemampuan yang luar biasa untuk bertahan hidup di wilayah ekstrim, Alloh SWT juga menjadikan susu unta begitu bermanfaat bagi manusia. Susu unta bisa dikatakan nectar unik dengan rasa lebih asam dan lebih manis dari susu sapi. Kandungan laktosa (gula susu) lebih sedikit dan baik untuk kesehatan. Bangsa Arab Tradisional menggunakan susu unta untuk mengobati berbagai penyakit seperti cacar, luka, sakit gigi, gangguan pencernaan dan keracunan. Menurut mereka, susu unta yang paling bagus untuk dijadikan obat adalah susu unta yang keluar 40 hari setelah melahirkan.

Seorang peneliti di Universitas Ummul Quro (Mekah), Dr. Abdurrahman al-Qassas membuktikan bahwa air seni dan susu unta dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, diantaranya hepatitis, diabetes, dan penyakit kulit. Untuk itulah, kampanye minum susu unta sedang digalakkan di Arab Saudi. Beberapa kawasan peternakan unta sekarang mulai dibuka untuk pusat penjualan susu unta. Akan tetapi, karena susu unta sifatnya tidak tahan lama, pemasarannya masih sangat terbatas.

Penciptaan unta telah menunjukkan kebesaran Alloh SWT. Keagungan ciptaannya tampak nyata disegenap penjuru alam ini, dan pengetahuan Alloh SWT meliputi segala sesuatu. Subhanalloh. Alloh Maha Besar. Begitu istimewa unta diciptakan. Dan sebaik-baik pencipta adalah Alloh SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar