Cari Blog Ini

Kamis, 21 Juni 2012

10 Kebiasaan Pemicu Diabetes



Ingin terhindar dari penyakit diabetes? Jangan remehkan kebiasaan kecil yang ternyata di kemudian hari berakibat buruk. Ada 10 kebiasaan yang memicu resiko diabetes:
1.      Keranjingan teh manis
Secangkir teh di pagi hari bisa menghangatkan perut. Lalu siang hari paling nikmat es teh manis yang segar, dan pada sore hari manis hangat lagi. Dalam segelas teh manis kira-kira terkandung 200-300 kalori (tergantung kepekatan). Kebutuhan kalori wanita dewasa rata-rata 1900 kalori per hari. Jika teh manis saja sudah menyumbang sekitar 1000 kalori, betapa besarnya?
2.      Gemar gorengan
Pada gorengan yang termasuk makanan rendah serat dan tinggi lemak terkandung proporsi dislipidemia yang memicu terjadinya diabetes mellitus dan stroke.
3.      Suka ngemil
Mengemil biscuit, kripik kentang, dan kue-kue manis, mengandung hidrat arang tinggi tanpa kandungan serat pangan yang memadai.
4.      Kurang tidur
Hasil riset para ahli dari University of Chicago mengungkapkan, kurang tidur selama 3 hari mengakibatkan kemampuan tubuh memproses glukosa menurun drastic. Artinya resiko diabetes meningkat.
5.      Malas beraktivitas
Kurang beraktivitas fisik memiliki resiko obesitas tinggi disbanding mereka yang rajin beraktivitas. Obesitas adalah biang keladi meningkatnya resiko penyakit jantung koroner dan diabetes.
6.      Sering stress
Pada saat stress, tubuh akan meningkatkan produksi hormon epinephrine dan kortisol, supaya gula darah naik dan ada cadangan energi untuk beraktivitas. Jika gula darah terus dipicu tinggi karena stress berkepanjangan tanpa jalan keluar, sama saja meningkatkan gula darah.
7.      Kecanduan rokok
Dari penelitian di Amerika yang melibatkan 4.572 relawan didapatkan bahwa resiko perokok aktif terhadap diabetes naik sebesar 22 persen.
8.      Menggunakan pil kontrasepsi
Kebanyakan pil kontrasepsi terbuat dari kombinasi hormon estrogen dan progestin, atau progestin saja. Pil kombinasi sering menyebabkan perubahan kadar gula darah.
9.      Takut kulit jadi hitam
Jangan takut terhadap sinar matahari. Jurnal Diabetes Care, menyebutkan wanita dengan asupan tinggi vitamin D dan kalsium beresiko paling rendah terkena Diabetes tipe 2.
10.  Bersahabat dengan soda
Peningkatan konsumsi minuman bersoda membuat berat badan dan resiko diabetes melambung. Kenaikan resiko ini terjadi karena kandungan pemanis yang ada pada minuman bersoda. (Prevention Indonesia/lis)


Sumber: Warta Kota, Edisi Minggu 7 Februari 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar